Titik Balik

Hari ini, tepat setahun yang lalu. 19 Mei 2013.

Terucap janji di subuh hari, di bawah rembulan dan gemerlap bintang. Bukan pada orang-orang di sana kita berikrar, tapi pada Tuhannya semesta. Tuhan yang memiliki hati-hati kecil ini. Hati-hati yang telah menyanggupi, dengan ucapan dari lisan bahwa kami akan berjuang di jalanNya.

Sungguh, memang berat amanah yang akan kami bawa. Tak terasa pipi ini basah dengan air mata. “Sanggupkah?” aku meragu dalam tanya. Tapi saat itu kita bersama. Dibalut kain hijau bertuliskan “Khalifah 28” dalam huruf arab. Masih tergambar jelas rasanya. Kita menangis dalam haru, lalu berangkulan membagi ‘takut’ itu.

Kini, setahun sudah terlewati. Bukan hanya berlalu sia-sia. Mungkin ini tahun terbaik dalam hidupku, kalau aku boleh berkata.

Ya, tahun ini masih awal bagi kita. Karena jalan ini masih jauh membentang di depan mata.

Jika terasa berat jalannya, ingat kembali janji kita di subuh itu. Jika merasa hanya sendiri di sini, ingatlah kembali bahwa kita berjuang bersama dalam barisanNya.

Aku tak tahu, sampai kapan kita akan bertahan. Berjalan di sini tanpa ada yang berguguran. Saling menguatkan saat ujian menyapa di tengah jalan.

Kuharap selamanya bisa di sini bersama kalian. Ah, aku tahu itu tak akan mungkin. Atau bolehkah kuminta pada-Nya, persatukanlah kami kembali di surga-Mu nanti.

“…Dan Allah yang mempersatukan hati para hamba beriman. Jikapun kau nafkahkan perbendaharaan bumi seluruhnya untuk mengikat hati mereka, takkan bisa kau himpunkan hati mereka. Tetapi Allah-lah yang telah menyatupadukan mereka…” (Q.S. Al-Anfaal, 8: 63)

Ya Allah, kuatkan kami agar tetap di sini, di jalanMu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s